Pendaftaran    |   SIAKAD    |   E-Jurnal    |   E-learning    |   E-Library   

 

FAKULTAS HUKUM

 

SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA

Pada awal berdirinya tanggal 1 April 1952 Universitas Krisnadwipayana berbentuk akademi dengan Akademi Hukum/Sosial di bawah pimpinan Mr. Soemarto Djojodihardjo. Atas desakan masyarakat dan mengingat minat calon- calon mahasiswa terhadap beberapa bidang ilmu pengetahuan, maka pada tanggal 1 Juli 1952 didirikanlah Fakultas Ekonomi di bawah pimpinan Prof. Dr. Ong Eng Die. Dengan berdirinya Fakultas Ekonomi tersebut maka Akademi Hukum/Sosial diubah namanya menjadi Universitas Krisnadwipayana.

Untuk menjamin kesinambungan universitas maka dibentuklah yayasan sebagai badan pembina dengan Akte Notaris Sie Khwan Djioe No. 134 tertanggal 29 Januari 1954 yang disebut Yayasan Universitas Krisnadwipayana.

Selanjutnya, pada tanggal 20 September 1956 didirikan Fakultas Ilmu Tata Praja di bawah pimpinan Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdja, SH yang merupakan Fakultas Ilmu Tata Praja pertama di Indonesia (yang kemudian diganti namanya menjadi Fakultas Administrasi Negara dan Niaga), yang kini disebut Fakultas Ilmu Administrasi. Pada tahun 1963 didirikanlah Fakultas Teknik yang terdiri atas dua jurusan yakni Mesin dan Sipil, yang dipimpin oleh Ir. Widodo.

Setelah 14 tahun berdiri, maka berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 39 Tahun 1966, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Administrasi Negara dan Niaga diberi pengakuan oleh pemerintah dengan status “disamakan” dengan universitas negeri baik untuk gelar Sarjana Muda maupun untuk Sarjana Lengkap. Dengan demikian ujian-ujian untuk mencapai gelar Sarjana Lengkap bagi ketiga fakultas tersebut dapat dilaksanakan oleh Universitas Krisna­dwipayana tanpa pengawasan pemerintah. Untuk Fakultas Teknik saat sekarang ini sudah berstatus terakreditasi.

 

VISI, MISI, SASARAN DAN TUJUAN FAKULTAS

  Visi Program Studi:

Terwujudnya insan Sarjana Hukum yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, keadilan dan moral serta hukum dalam pemerintahan dan masyarakat yakni supremasi hukum yang berkeadilan sosial dan memajukan persatuan dan kesatuan, demokrasi serta nilai-nilai intelektual sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Misi Program Studi:

1.     Menghasilkan sarjana hukum yang profesional dan menguasai ilmu hukum maupun ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan ilmu hukum;

2.     Mengembangkan penguasaan pendekatan ilmiah dan interdisipliner dan transnasional sesuai dengan tuntutan globalisasi;

3.     Membina sarjana hukum yang menguasai ilmu hukum dan senantiasa menegakkan nilai moral, etika serta rasa cinta kepada bangsa dan negara, berperilaku yang demokratis dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Untuk melaksanakan misi program studi di atas, maka Fakultas Hukum Uni­versitas Krisnadwipayana sebagai suatu program studi ilmu hukum, mempunyai sasaran dan tujuan sebagai berikut:

Sasaran Program Studi:

1.     Mahasiswa yang mempunyai motivasi dan idealisme terhadap tegaknya hukum dalam semua sektor kehidupan sosial budaya dan politik.

2.     Mahasiswa yang bercita-cita menjadi masyarakat ilmiah dan maju khususnya dalam menghadapi arus globalisasi.

3.     Mahasiswa yang memerlukan peningkatan pengetahuan di bidang hukum.

Tujuan Program Studi :

1.     Meningkatkan dan menghasilkan pribadi lulusan yang memiliki landasan yang kuat dalam penguasaan ilmu hukum, bermoral, menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran;

2.     Meningkatkan dan menghasilkan pribadi lulusan yang berkemampuan untuk mengabdikan ilmu hukum bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat;

Terciptanya pribadi lulusan yang menghormati, dan memiliki kemampuan untuk menegakkan supremasi hukum dalam suasana yang demokratis, aspirati f dan konstitusional.